Mangsa nampi bisikan, ieu ayatna:
Dikala menerima bisikan, ini ayatnya:
وَمَا يَسْتَوِي
الْأَحْيَاءُ وَلَا الْأَمْوَاتُ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُسْمِعُ مَن يَشَاءُ ۖ وَمَا
أَنتَ بِمُسْمِعٍ مَّن فِي الْقُبُورِ (22(
Fatir:22
Tidak sama
antara yang sudah wafat dan yang masih hidup
<<Saya dapat
mendengar orang yang sudah wafat (meninggal)>>
Alloh Ta’ala
yang telah menjadikan siapa saja bisa mendengar, orang yang DIA kehendaki.
<<tetapi
mengapa saling menimpali, kan sudah meninggal>>
Anda tidak bias
menjadikan siapa saja yang sudah dikubur bisa mendengar.
<<yang sudah
wafat dikubur ditanah, yang masih hidup dikubur oleh jarak>>
Yang dikubur (bisikan)
menimpali/menjawab, karena:
Alloh jadikan
mendengar kedua belah pihak, kesana kemari. (kita dan orang yang meninggal).
Alloh
menjadikan kita (yang masih hidup) mendengar suara orang yang sudah wafat,
Alloh ngajantenkeun ngadangu nu maot kana sora urang.
(Alloh jualah
yang menjadikan orang yang sudah wafat mendengar suara kita)
Alloh mengizinkan kedua belah pihak, pihak yang
masih hidup yaitu kita, dan pihak yang sudah wafat (entah siapa, kamu
sendirilah yang hapal suara siapa itu yang terdengar, [apakah
leluhur, ataukah sesiapa yang punya nisbat/hubungan kepada
kita dan orang tua kita. Atau entahlah…. Siapa saja bisa (Alloh yang punya koq).])
<<[dan juga, kalau sudah diberi dengar, kemudian saling menjawab, ya
sudah jangan menyebut lagi ‘dia yang sudah wafat, sudah saja bahasakan, -yang
sudah diizinkan hidup kembali-]>>
Mengapa demikian? (Kita mendengar, yang menimpali menjawab/berbicara/-kalam-)
Begini: Kita mendengar
وَلَوْ
عَلِمَ اللَّهُ فِيهِمْ خَيْرًا لَّأَسْمَعَهُمْ ۖ وَلَوْ
أَسْمَعَهُمْ لَتَوَلَّوا وَّهُم مُّعْرِضُونَ(23)
يَا
أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَجِيبُوا لِلَّهِ وَلِلرَّسُولِ إِذَا دَعَاكُمْ
لِمَا يُحْيِيكُمْ ۖ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ يَحُولُ بَيْنَ الْمَرْءِ
وَقَلْبِهِ وَأَنَّهُ إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ (24)
Al-Anfal:23-24
KITA MENDENGAR, KARENA DIHITUNG/DIANGGAP BAIK OLEH ALLOH.
Dawuhan Alloh di luhur (Al-Anfal: 23): “Lamun seug Alloh uninga di
maranehna aya khoeron, kasaean, da yakti bakal ngajantenkeun ngadangu Alloh ka
maranehna. [terasna terjemah ..(tong waka)...]”
Firman
Alloh di atas (Al-Anfal:23): “Bilakah Alloh mengetahui pada diri mereka
kebaikan, maka akan Alloh jadikan mereka bisa mendengar [terjemah selanjutnya…(dijeda)]”
Kecap ‘Maranehna’ teh, ari tos ngadangu bisikan mah, nya entos
we urang.
Kata ‘Diri mereka’ itu, kalau kita sudah menerima
bisikan, ya sudah mereka itu adalah kita.
‘Maranehna’ teh urang.... urang dipaparin dangu, urang
dietang sae ku Alloh, naha bade malengos? entong.
‘mereka’ itu, adalah kita. Kitalah yang diberi –kesempatan-
menjadi mendengar, kita dihitung baik oleh Alloh, apakah mau berpaling? Jangan.
[terasna terjemah ..(lamun seug tea dipaparin
dangu, yakti maranehna bakal malengos, ngabalieur)...]
[lanjutan terjemah…(bilakah mereka dijadikan
mendengar, maka pastilah mereka berpaling, membelakangi.)]
Kumaha urang? Tong ngabalieur, sing yakin bae
ka Alloh.
Bagaimana dengan kita? Jangan, jangan berpaling.
Yakin saja kepada Alloh.
Mangsana ngadangu bisikan, nyuhunkeun ka Alloh…
“Ya Alloh,
Gusti nu Agung.”
“Salira ku
Anjeun teu maksa awak-awakan”
“Tong
ngabebankeun ka abdi, naon-naon anu tos diembankeun ka kaum anu samemeh Abdi.”
Manakala kita mendengar bisikan, memintalah kepada
Alloh…
“Ya
Alloh, Engkau Maha Agung”
“Engkau
sendiri tidak memaksa-maksa kepada makhlukMu”
“Jangan
bebankan kepada kami, apa-apa yang telah dibebankan kepada kaum yang sebelum
kami…”
“”
لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا
كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِن نَّسِينَا
أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ
عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ
لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنتَ مَوْلَانَا
فَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ (286)
Potong-potong ayatna, saluyukeun
sareng obrolan/bisikan.
<<[emut kisah ibu-ibu dina
kitab uqudullujen nu musmus ngawaler teh ku ayat, musmus ku ayat, jawaban teh
ku Al-furqon/Al-Quran anu dipotong-potong]>>
######Mangga pintonan deui######
Potong-potong saja
ayatnya (kata perkata) disesuaikan dengan obrolan saat berbisik.
<<[ingatlah,
kisah seorang ibu dalam kitab uqudullujen yang sebentar-sebentar menjawab
dengan ayat, sebentar-sebentar menjawab dengan ayat; jawabannya itu dengan Al-furqon/Al-Quran
yang dipotong-potong]>>
بما تعلّمون الكتاب
وبما كنتم تدرسون
=====================================================
Kieu deuih, naha nu maot ngadangu? naha
nu maot kalam -nyarios-?
[Sing emut, nu maot karena jihad fi
sabilillah mah dirizkian ku Alloh, moal maot dipayuneun Alloh.
Dan juga begini,
mengapa yang sudah wafat mendengar? Mengapa yang sudah meninggal –kalam,
berbicara?
وَلَا تَحْسَبَنَّ الَّذِينَ قُتِلُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ
أَمْوَاتًا ۚ بَلْ أَحْيَاءٌ عِندَ رَبِّهِمْ يُرْزَقُونَ (169)
Ali-Imron:169
Urang oge yakin ka Alloh,
Alloh nu ngamilik urang.
Alloh oge nu ngamilik nu geus maraot.
(tong
nu ‘maraot’: nu tos diwidian hirup deui!).
Teras ku Alloh, urang dihijikeun sareng
nu tos diwidian hirup deui.
Kita juga yakin kepada
Alloh,
Allohlah yang menjadi
pemilik kita,
Allohlah juga yang
menjadi pemilik mereka yang sudah meninggal/wafat.
(jangan katakan yang sudah ‘meninggal/wafat’,
katakana: ‘yang sudah diizinkan hidup kembali’) …(Ingat pembahasan ilmu
tauhid dalam kitab Tijan, tentang sifat Hayat, sama bashor kalam.) – KALAM tidak
akan ada kalau tidak HAYAT.
وَلَوْ أَنَّنَا نَزَّلْنَا إِلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةَ وَكَلَّمَهُمُ
الْمَوْتَىٰ وَحَشَرْنَا عَلَيْهِمْ كُلَّ شَيْءٍ قُبُلًا مَّا كَانُوا
لِيُؤْمِنُوا إِلَّا أَن يَشَاءَ اللَّهُ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَهُمْ يَجْهَلُونَ
(111)
Ali-An’am:111
“Jeung lamun seug kami
ngalungsurkeun ka maranehna, malaikat, jeung ngajadikeun kalam/nyarios/ngabisik
nu geur maraot, jeung kami kumpulkeun ka maranehna sagala rupa perkara,…..
Maranehna moal iman kecuali masyi’ah
Alloh. Ngan bae kalolobaan maranehna teu nyarahoeun.
“Bila saja KAMI menurunkan kepada mereka,
malaikat, dan menjadikan berbicara orang-orang yang sudah mati, dan kami kumpulkan
kepada mereka segala sesuatunya menghadap, maka mereka tidak akan beriman kecuali
masyi’ah Alloh. Hanya saja kebanyakan dari mereka tidak mengetahui”.
(Ingat
arti masyi’ah Alloh, -Allohlah yang mau… artinya… Alloh sudah membuka jalan,
dahulu tak terdengar apa-apa, sekarang koq jadi mendengar… maukah kita
menerimanya?.... kita kemudian menjawab, mendengar, dijawab, terdengar,
menjawab lagi…. (bilakah demikian, itulah masyi’ah Alloh, toh kita tidak punya
daya dan kekuatan kecuali daya dan kekuatan Alloh.) …. Bilakah kemudian
sebaliknya kita menolak, sebagaimana kisah-kisah orang dahulu yang menganggap bisikan
adalah iblis…. toh Alloh tidak memaksa… karena MASYI’AHNYA tidak
dipaksakan.
Bahasakeun kieu ku urang kanu maot,
"Hey nu maot, nu ayeuna
diwidian hirup deui ku Alloh,"
“Bagea, salira teu disia-sia
kasaeannana, salira dirizkian,
salira di surga…. nu luas eta surga,
saluas langit jeung bumi. Abdi aya didieu, di surga salira. Nuhun Gusti nu
Agung, abdi janten rizki kangge anjeunna. Mung abdi emut di dunya keneh….
Hidayahan abdi, taufekan abdi, sangkan abdi teu malengos tina yakin ka Gusti,
Salira Ku Anjeun, Alloh Anu Agung”
Bahasakan begini, kita kepada yang sudah
meninggal/wafat (yang telah diizinkan hidup kembali),
“Hey, Dikau yang
disana, yang sudah meninggal, yang sekarang diizinkan hidup kembali oleh Alloh,”
di“SELAMAT, Dikau
tidak disia-siakan kebaikannya, Dikau dilimpahi rezeki,
Dikau surge…. Yang luasnya
surga itu adalah seluas langit dan bumi. Aku disini, di surgamu.
Terima kasih Ya Alloh Yang
Maha Agung, aku dijadikan rezeki buat Beliau, hanya saja aku ingat, bahwa aku
masih di dunia…. Limpahkan hidayah kepadaku, berikan aku taufik,
agar aku tidak berpaling dari yakinku kepadaMU. Engkaulah Tuhanku, Alloh Yang
Agung.”
Ari anu maot teras
kalam/nyarios/ngabisik eta teh diwidian ku Alloh.
Apabila yang sudah
wafat/meninggal (yang sudah diizinkan hidup kembali) kalam/berbicara/berbisik,
hal itu adalah karena diizinkan oleh Alloh.
يَوْمَ يَقُومُ الرُّوحُ وَالْمَلَائِكَةُ
صَفًّا ۖ لَّا يَتَكَلَّمُونَ إِلَّا مَنْ أَذِنَ لَهُ الرَّحْمَٰنُ وَقَالَ
صَوَابًا (38)
ذَٰلِكَ الْيَوْمُ الْحَقُّ ۖ فَمَن شَاءَ
اتَّخَذَ إِلَىٰ رَبِّهِ مَآبًا (39)
An-naba:38
“Dina poenan ngaradeg ruh jeung
malaikat ngabaris-baris”
<<Ku Alloh dihijikeun dina
manah urang, kadangu soantenna>>
<<Upami alim kucara kitu,
nyuhunkeun ka Alloh, Ya Alloh, kempelkeun abdi dihiji tempat….>>
“Dihari, dimana ruh
dan malaikat berdiri berbaris-baris, mereka tidaklah berbicara kecuali sesiapa yang
diizinkan oleh Alloh Arrohman, mereka berbicara apa yang memang dibicarakan.”
“Dihari, dimana ruh dan malaikat berdiri
berbaris-baris”
<<Oleh Alloh, (ruh dan malaikat)
disatukan dalam hati kita, terdengar suaranya. ||meskipun
telinga disumpai kain||>>
<<Apabila kita
tidak mau dengan cara itu, memintalah kepada Alloh, Ya Alloh, kumpulkan aku
disatu tempat….||jangan-jangan, tiba-tiba saja kita ingin pergi
meninggalkan rumah. Entahlah.||>>
=========================
Emut, upami nampi bisikan,
satiasa-tiasa tong nyentak. Sing sabar.
Tong hilap, sebat-sebat Allohna.
Misal:
[ Nampi dangu, ]
[ Ya Alloh, kiatkeun abdi. ]
Teras waler nu kadangu [ Kumaha
atuh…. (ngawaler anu ngabisik) ]
Ingat, apabila menerima bisikan, sebisa
mungkin jangan balas membentak, Bersabarlah.
Jangan lupa,
sebut-sebut nama Alloh.
Misal:
[ Terdengar suara,
terdengar bisikan …]
[ Ya Alloh, kuatkan
aku!]
Setelah itu, jawab apa
yang didengar [ Nah, bagaimana?.....(menjawab bisikan) ]
--Selama berinteraksi dengan bisikan, usahakan….
Tidak membuat orang disekitar menjadi gaduh, kasihan mereka, dan kasihan juga
kepada badan sendiri…. Nanti dikatain… neko-neko…
INGAT SOMAFU (Sholat awal waktu, Masjid tempat
berjama’ah, FU, Al-FUrqon digarap meskipun one day, one ayat).
La haula walaa quwwata illa billahil ‘aliyyil
adziim.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar