DRgrtea

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 12 November 2022

Dikala menerima bisikan, ini ayatnya...

Mangsa nampi bisikan, ieu ayatna:

Dikala menerima bisikan, ini ayatnya: 

وَمَا يَسْتَوِي الْأَحْيَاءُ وَلَا الْأَمْوَاتُ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُسْمِعُ مَن يَشَاءُ ۖ وَمَا أَنتَ بِمُسْمِعٍ مَّن فِي الْقُبُورِ (22(

Fatir:22

Tidak sama antara yang sudah wafat dan yang masih hidup

<<Saya dapat mendengar orang yang sudah wafat (meninggal)>>

Alloh Ta’ala yang telah menjadikan siapa saja bisa mendengar, orang yang DIA kehendaki.

<<tetapi mengapa saling menimpali, kan sudah meninggal>>

Anda tidak bias menjadikan siapa saja yang sudah dikubur bisa mendengar.

<<yang sudah wafat dikubur ditanah, yang masih hidup dikubur oleh jarak>>

Yang dikubur (bisikan) menimpali/menjawab, karena:

Alloh jadikan mendengar kedua belah pihak, kesana kemari. (kita dan orang yang meninggal).

Alloh menjadikan kita (yang masih hidup) mendengar suara orang yang sudah wafat,

Alloh ngajantenkeun ngadangu nu maot kana sora urang.

(Alloh jualah yang menjadikan orang yang sudah wafat mendengar suara kita)

Alloh mengizinkan kedua belah pihak, pihak yang masih hidup yaitu kita, dan pihak yang sudah wafat (entah siapa, kamu sendirilah yang hapal suara siapa itu yang terdengar, [apakah leluhur, ataukah sesiapa yang punya nisbat/hubungan kepada kita dan orang tua kita. Atau entahlah…. Siapa saja bisa (Alloh yang punya koq).])

<<[dan juga, kalau sudah diberi dengar, kemudian saling menjawab, ya sudah jangan menyebut lagi ‘dia yang sudah wafat, sudah saja bahasakan, -yang sudah diizinkan hidup kembali-]>>

Mengapa demikian? (Kita mendengar, yang menimpali menjawab/berbicara/-kalam-)

Begini: Kita mendengar

وَلَوْ عَلِمَ اللَّهُ فِيهِمْ خَيْرًا لَّأَسْمَعَهُمْ ۖ وَلَوْ أَسْمَعَهُمْ لَتَوَلَّوا وَّهُم مُّعْرِضُونَ(23

 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَجِيبُوا لِلَّهِ وَلِلرَّسُولِ إِذَا دَعَاكُمْ لِمَا يُحْيِيكُمْ ۖ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ يَحُولُ بَيْنَ الْمَرْءِ وَقَلْبِهِ وَأَنَّهُ إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ (24)

Al-Anfal:23-24

KITA MENDENGAR, KARENA DIHITUNG/DIANGGAP BAIK OLEH ALLOH.

Dawuhan Alloh di luhur (Al-Anfal: 23): “Lamun seug Alloh uninga di maranehna aya khoeron, kasaean, da yakti bakal ngajantenkeun ngadangu Alloh ka maranehna. [terasna terjemah ..(tong waka)...]”

Firman Alloh di atas (Al-Anfal:23): “Bilakah Alloh mengetahui pada diri mereka kebaikan, maka akan Alloh jadikan mereka bisa mendengar [terjemah selanjutnya…(dijeda)]”

Kecap ‘Maranehna teh, ari tos ngadangu bisikan mah, nya entos we urang.

Kata ‘Diri mereka’ itu, kalau kita sudah menerima bisikan, ya sudah mereka itu adalah kita.

Maranehna teh urang.... urang dipaparin dangu, urang dietang sae ku Alloh, naha bade malengos? entong.

‘mereka’ itu, adalah kita. Kitalah yang diberi –kesempatan- menjadi mendengar, kita dihitung baik oleh Alloh, apakah mau berpaling? Jangan.

[terasna terjemah ..(lamun seug tea dipaparin dangu, yakti maranehna bakal malengos, ngabalieur)...]

[lanjutan terjemah…(bilakah mereka dijadikan mendengar, maka pastilah mereka berpaling, membelakangi.)]

Kumaha urang? Tong ngabalieur, sing yakin bae ka Alloh.

Bagaimana dengan kita? Jangan, jangan berpaling. Yakin saja kepada Alloh.

Mangsana ngadangu bisikan, nyuhunkeun ka Alloh…

“Ya Alloh, Gusti nu Agung.”

“Salira ku Anjeun teu maksa awak-awakan”

“Tong ngabebankeun ka abdi, naon-naon anu tos diembankeun ka kaum anu samemeh Abdi.”

Manakala kita mendengar bisikan, memintalah kepada Alloh…

“Ya Alloh, Engkau Maha Agung”

“Engkau sendiri tidak memaksa-maksa kepada makhlukMu”

“Jangan bebankan kepada kami, apa-apa yang telah dibebankan kepada kaum yang sebelum kami…”

“”

 

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِن نَّسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنتَ مَوْلَانَا فَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ (286)

Potong-potong ayatna, saluyukeun sareng obrolan/bisikan.

<<[emut kisah ibu-ibu dina kitab uqudullujen nu musmus ngawaler teh ku ayat, musmus ku ayat, jawaban teh ku Al-furqon/Al-Quran anu dipotong-potong]>>

######Mangga pintonan deui######

Potong-potong saja ayatnya (kata perkata) disesuaikan dengan obrolan saat berbisik.

<<[ingatlah, kisah seorang ibu dalam kitab uqudullujen yang sebentar-sebentar menjawab dengan ayat, sebentar-sebentar menjawab dengan ayat; jawabannya itu dengan Al-furqon/Al-Quran yang dipotong-potong]>>

بما تعلّمون الكتاب

وبما كنتم تدرسون

=====================================================

 

Kieu deuih, naha nu maot ngadangu? naha nu maot kalam -nyarios-?

[Sing emut, nu maot karena jihad fi sabilillah mah dirizkian ku Alloh, moal maot dipayuneun Alloh.

Dan juga begini, mengapa yang sudah wafat mendengar? Mengapa yang sudah meninggal –kalam, berbicara?

وَلَا تَحْسَبَنَّ الَّذِينَ قُتِلُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ أَمْوَاتًا ۚ بَلْ أَحْيَاءٌ عِندَ رَبِّهِمْ يُرْزَقُونَ (169)

Ali-Imron:169

Urang oge yakin ka Alloh,

Alloh nu ngamilik urang.

Alloh oge nu ngamilik nu geus maraot.

     (tong nu ‘maraot’: nu tos diwidian hirup deui!).

Teras ku Alloh, urang dihijikeun sareng nu tos diwidian hirup deui.

Kita juga yakin kepada Alloh,

Allohlah yang menjadi pemilik kita,

Allohlah juga yang menjadi pemilik mereka yang sudah meninggal/wafat.

            (jangan katakan yang sudah ‘meninggal/wafat’, katakana: ‘yang sudah diizinkan hidup kembali’) …(Ingat pembahasan ilmu tauhid dalam kitab Tijan, tentang sifat Hayat, sama bashor kalam.) – KALAM tidak akan ada kalau tidak HAYAT.

وَلَوْ أَنَّنَا نَزَّلْنَا إِلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةَ وَكَلَّمَهُمُ الْمَوْتَىٰ وَحَشَرْنَا عَلَيْهِمْ كُلَّ شَيْءٍ قُبُلًا مَّا كَانُوا لِيُؤْمِنُوا إِلَّا أَن يَشَاءَ اللَّهُ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَهُمْ يَجْهَلُونَ (111) 

Ali-An’am:111

“Jeung lamun seug kami ngalungsurkeun ka maranehna, malaikat, jeung ngajadikeun kalam/nyarios/ngabisik nu geur maraot, jeung kami kumpulkeun ka maranehna sagala rupa perkara,…..

Maranehna moal iman kecuali masyi’ah Alloh. Ngan bae kalolobaan maranehna teu nyarahoeun.

“Bila saja KAMI menurunkan kepada mereka, malaikat, dan menjadikan berbicara orang-orang yang sudah mati, dan kami kumpulkan kepada mereka segala sesuatunya menghadap, maka mereka tidak akan beriman kecuali masyi’ah Alloh. Hanya saja kebanyakan dari mereka tidak mengetahui”.

(Ingat arti masyi’ah Alloh, -Allohlah yang mau… artinya… Alloh sudah membuka jalan, dahulu tak terdengar apa-apa, sekarang koq jadi mendengar… maukah kita menerimanya?.... kita kemudian menjawab, mendengar, dijawab, terdengar, menjawab lagi…. (bilakah demikian, itulah masyi’ah Alloh, toh kita tidak punya daya dan kekuatan kecuali daya dan kekuatan Alloh.) …. Bilakah kemudian sebaliknya kita menolak, sebagaimana kisah-kisah orang dahulu yang menganggap bisikan adalah iblis…. toh Alloh tidak memaksa… karena MASYI’AHNYA tidak dipaksakan.

Bahasakeun kieu ku urang kanu maot,

"Hey nu maot, nu ayeuna diwidian hirup deui ku Alloh,"

“Bagea, salira teu disia-sia kasaeannana, salira dirizkian,

salira di surga…. nu luas eta surga, saluas langit jeung bumi. Abdi aya didieu, di surga salira. Nuhun Gusti nu Agung, abdi janten rizki kangge anjeunna. Mung abdi emut di dunya keneh…. Hidayahan abdi, taufekan abdi, sangkan abdi teu malengos tina yakin ka Gusti, Salira Ku Anjeun, Alloh Anu Agung”

Bahasakan begini, kita kepada yang sudah meninggal/wafat (yang telah diizinkan hidup kembali),

“Hey, Dikau yang disana, yang sudah meninggal, yang sekarang diizinkan hidup kembali oleh Alloh,”

di“SELAMAT, Dikau tidak disia-siakan kebaikannya, Dikau dilimpahi rezeki,

Dikau surge…. Yang luasnya surga itu adalah seluas langit dan bumi. Aku disini, di surgamu.

Terima kasih Ya Alloh Yang Maha Agung, aku dijadikan rezeki buat Beliau, hanya saja aku ingat, bahwa aku masih di dunia…. Limpahkan hidayah kepadaku, berikan aku taufik, agar aku tidak berpaling dari yakinku kepadaMU. Engkaulah Tuhanku, Alloh Yang Agung.”

 

Ari anu maot teras kalam/nyarios/ngabisik eta teh diwidian ku Alloh.

Apabila yang sudah wafat/meninggal (yang sudah diizinkan hidup kembali) kalam/berbicara/berbisik, hal itu adalah karena diizinkan oleh Alloh.

 

يَوْمَ يَقُومُ الرُّوحُ وَالْمَلَائِكَةُ صَفًّا ۖ لَّا يَتَكَلَّمُونَ إِلَّا مَنْ أَذِنَ لَهُ الرَّحْمَٰنُ وَقَالَ صَوَابًا (38

ذَٰلِكَ الْيَوْمُ الْحَقُّ ۖ فَمَن شَاءَ اتَّخَذَ إِلَىٰ رَبِّهِ مَآبًا (39

 

An-naba:38

“Dina poenan ngaradeg ruh jeung malaikat ngabaris-baris”

<<Ku Alloh dihijikeun dina manah urang, kadangu soantenna>>

<<Upami alim kucara kitu, nyuhunkeun ka Alloh, Ya Alloh, kempelkeun abdi dihiji tempat….>>

“Dihari, dimana ruh dan malaikat berdiri berbaris-baris, mereka tidaklah berbicara kecuali sesiapa yang diizinkan oleh Alloh Arrohman, mereka berbicara apa yang memang dibicarakan.”

“Dihari, dimana ruh dan malaikat berdiri berbaris-baris”

<<Oleh Alloh, (ruh dan malaikat) disatukan dalam hati kita, terdengar suaranya. ||meskipun telinga disumpai kain||>>

<<Apabila kita tidak mau dengan cara itu, memintalah kepada Alloh, Ya Alloh, kumpulkan aku disatu tempat….||jangan-jangan, tiba-tiba saja kita ingin pergi meninggalkan rumah. Entahlah.||>>


 

=========================

Emut, upami nampi bisikan, satiasa-tiasa tong nyentak. Sing sabar.

Tong hilap, sebat-sebat Allohna.

Misal:

[ Nampi dangu, ]

[ Ya Alloh, kiatkeun abdi. ]

Teras waler nu kadangu [ Kumaha atuh…. (ngawaler anu ngabisik) ]

Ingat, apabila menerima bisikan, sebisa mungkin jangan balas membentak, Bersabarlah.

Jangan lupa, sebut-sebut nama Alloh.

Misal:

[ Terdengar suara, terdengar bisikan …]

[ Ya Alloh, kuatkan aku!]

Setelah itu, jawab apa yang didengar [ Nah, bagaimana?.....(menjawab bisikan) ]

--Selama berinteraksi dengan bisikan, usahakan…. Tidak membuat orang disekitar menjadi gaduh, kasihan mereka, dan kasihan juga kepada badan sendiri…. Nanti dikatain… neko-neko…

INGAT SOMAFU (Sholat awal waktu, Masjid tempat berjama’ah, FU, Al-FUrqon digarap meskipun one day, one ayat).

La haula walaa quwwata illa billahil ‘aliyyil adziim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Populer

Duridwan TeA Google Arsip

Tampil Ful Skrin

Tampilan penuh layar

Klik tombol "Penuh" untuk mode ful skrin. Tutup dengan cara klik tuts "Esc" di kibot, atau dengan mengklik tombol "Normal" saja.

Penuh Normal

Materi artikel

×
Judul